Selasa, 22 Juli 2014

Hidup Tanpa Galau

25 Ramadhan 1435 H

Istilah Galau sedang ngetren saat ini. Banyak dipakai, khususnya dikalangan ABG (remaja dan pelajar). Menjadi istilah yang melekat jika seseorang tengah mendapat cobaan atau masalah, selain itu ada istilah SMS Galau, Status Galau, Pesan Galau, kata-kata galau dan lainya.

Namun semakin lama istilah galau ini semakin berlebihan, terkadang membuat orang terbuai dengan masalahnya tanpa mencari solusi atau menyelesaikannya. Galau yang berlebihan tersebut berkembang menjadi emosi negatif yang mempengaruhi seseorang dalam setiap menentukan keputusan, ia ragu dan terkadang menyesali keputusan tersebut karena hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Maka cara mengatasi kegalauan tersebut dengan keyakinan, ketaqwaan, bersyukur kepada apa yang sudah kita dapatkan dari Allah s.w.t, berdasarkan hadits Mu'awiyah radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sabda,

"Tidak ada sesuatu yang menimpa seorang mukmin pada tubuhnya sehingga membuatnya sakit kecuali Allah akan menghapuskan dosa-dosanya." (HR. Ahmad 4/98, Al-Hakim 1/347 dan beliau menyatakan shahih sesuai syarat Syaikhain. Imam al-Dzahabi menyepakatinya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam al-Shahihah 5/344, no. 2274)

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullahu berkata dalam Syarh Riyadhish Shalihin (1/94): “Apabila engkau ditimpa musibah maka janganlah engkau berkeyakinan bahwa kesedihan atau rasa sakit yang menimpamu, sampaipun duri yang mengenai dirimu, akan berlalu tanpa arti. Bahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menggantikan dengan yang lebih baik (pahala) dan menghapuskan dosa-dosamu dengan sebab itu. Sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya. Ini merupakan nikmat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sehingga, bila musibah itu terjadi dan orang yang tertimpa musibah itu:

  1. Dia mengingat pahala dan mengharapkannya, maka dia akan mendapatkan dua balasan, yaitu menghapus dosa dan tambahan kebaikan (sabar dan ridha terhadap musibah).
  2. Dia lupa (akan janji Allah Subhanahu wa Ta'ala), maka akan sesaklah dadanya sekaligus menjadikannya lupa terhadap niat mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala.
Jadi jangan terpuruk dengan masalah yang dihadapi apalagi sampai menimbulkan galau yang berlebihan, jika kita sudah membuat solusi dan keputusan yakinlah akan keputusan yang kita buat walupun hasilnya atau dampaknya itu ternyata salah yang terpenting kalian sudah yakin akan keputusan kalian, insyaallah kalian diberikan 1 pahala oleh Allah s.w.t. amin ya rabbal alamin...

Jika kamu merasakan hal yang begitu berat dalam hidupmu, ingatlah ada Allah. "Laa Tahzan Innallaha Ma’ana", selalu ingat Allah bersama kita, karena cobaan yang diberikan oleh Allah tidak akan melebihi kemampuan dari umatnya.

Rima Lianawati, F-13120016
Alumni SMAN 5 Bekasi 2012
STMA TRISAKTI 2012

FORMASI (Forum Alumni Muslim SMAN 5 Bekasi)
Semangat Bersahabat!
#Edisi5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar